Selasa, 11 Desember 2012

Pengenalan Perangkat CATV untuk System Jaringan TV Kabel


Dalam sistem jaringan CATV (Community Antenna Television), kabel coaxial yang paling sering digunakan adalah kabel coaxial RG 6, RG 11 dan Trunk 540. secara spesifkasi sistem jaringan CATV adalah sistem jaringan yang melakukan distribusi AUDIO dan VIDEO yang di modulasi menjadi sinyal RF (Radio Frekuensi).

Sistem Jaringan CATV yang menggunakan kabel coaxial RG dalam enviroment tidak bisa menjangkau jarak yang sangat jauh, secara aplikasi maksimal hanya 5.000 meter, kecuali kalau menggunakan kabel coaxial trunk 540.

Berikut ini adalah beberapa perangkat catv yang populer digunakan dalam sistem jaringan kabel coaxial.

1. TRUNK AMPLIFIER.
Trunk Amplifier adalah amplifier yang digunakan untuk jaringan induk (backbone), jenis amplifier ini adalah outdoor amplifer atau amplifer yang terpasang di luar ruangan. Dalam sistem kerjanya adalah menguatkan sinyal RF kembali setelah mengalami losses setelah merambat pada kabel coaxial.


CATV TRUNK AMPLIFIER MERK FOBETMOC



Amplifier jenis ini mempunyai minimal 2 kontrol pengaturan yaitu :

Kontrol pengaturan GAIN
Kontrol pengaturan gain adalah kontrol yang digunakan untuk mengatur kekuatan sinyal RF yang harus dikeluarkan oleh Amplifier ini, pengaturan gain ini akan sangat banyak tergantung pada support tegangan yang bekerja pada amplifier tersebut, sistem pengaturan ini bekerja dalam ukuran " dB " (desibel).

Kontrol Pengaturan SLOPE
Kontrol pengaturan slope adalah kontrol yang digunakan untuk mengatur grafik sistem kerja sinyal dari frekuensi kerja rendah dan frekuensi kerja tinggi harus seimbang dan rata.

2. INDOOR AMPLIFIER
Indoor amplifier adalah amplifier yang biasanya digunakan untuk distribusi dalam satu rumah, amplifier ini bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan trunck amplifier, dan dalam hal maksimal kemampuan pengaturan gain kontrolnya hanya 30 dB.



BOOSTER INDOOR


3. COUPLER
coupler adalah sebuah device yang digunakan untuk membagi sinyal output, dari sinyal RF yang bekerja pada jaringan kabel coaxial, untuk coupler sendiri ada 2 jenis yaitu :


4. TAP
Tap adalah sebuah device yang fungsinya sebagai pembagi keluaran sinyal RF kepada setiap user CATV, sistem kerja tap coupler sendiri terbagi menjadi Output Trunck dimana sinyal RF yang keluar tidak mengalami losses dan Output BR dimana sinyal RF yang keluar akan mengalami losses sebesar "dB"  yang ingin di konsumsi oleh user CATV, Tap coupler yang ada adalah TAP 10 dB, 12 dB, 16 dB, 20 dB.

TAP OUTDOOR



5. SPLITTER
Splitter adalah device yang digunakan untuk memecah atau membagi jaringan backbone menjadi beberapa jaringan distribusi, sistem kerja dari spliiter ini setiap output dari splitter akan mengalami losses yang sama, splitter yang sering digunakan adalah splitter 2 Way, 4 Way.


SPLITTER OUTDOOR





6. CONNECTOR
Connector untuk kabel coaxial yang digunakan untuk sistem CATV adalah F Conecctor, atau para pemain CATV akan menyebutnya sebagai connector drat, karena bentuknya yang berulir.

pengenalan perangkat catv

 Selain perangkat diatas, ada satu perangkat yang digunakan untuk mengukur besaran kekuatan sinyal RF dalam sebuah sistem jaringan kabel coaxial yaitu :


pengenalan perangkat catv7.  dB METER
db Meter adalah sebuah perangkat alat ukur untuk mengetahui besaran masing - masing sinyal RF yang mengalir pada sebuah kabel coaxial, alat ukur ini akan menunjukkan besaran sinyal RF dengan ukuran dB (desibel). alat ukur ini sangat penting dalam sebuah sistem jaringan kabel coaxial.

0


23 komentar:

  1. jika ada yg minat jdi tekhnisi ku di daerah bombana kota kendari slahkan hbungi 081245671313 trims

    BalasHapus
  2. telvon untuk tnyakan gaji..stelah deal langsung ksini

    BalasHapus
  3. terimakasih boss bro.infonya sangat bermanfaat bagi yg ingin belajar catv seperti saya

    BalasHapus
  4. bagaimana cara mengetahui titik netral dan tidak netralnya suatu jaringan pada Television jika kita menggunakan DB Meter..??

    BalasHapus
  5. mohon infonya

    input rata77 gambar masih jelek??

    BalasHapus
  6. berapa kira2 besaran sloope yang di nutuhkan pak??

    BalasHapus
  7. brpa bagusnya input dan output antara amplifier ke amplifier yg lain...(jarak antara amplifier 200m)..?

    BalasHapus
  8. Modulator apa yg harus di gunakan untuk 60 chanel tv kable

    BalasHapus
  9. Cara menggunakan DB meter tu gimana ya bos..

    BalasHapus
  10. saya mau jual splitter merk Fobetmoc ada 250pcs jual murah aja

    BalasHapus
  11. jual fobetmoc fp-306 made in china

    BalasHapus
  12. Gan...klo dr boster headend outnya 105 db trus boster yg slanjutnya outnya hrus brp db???n pengaturan att n aqual nya gmn?

    BalasHapus
  13. Teknisi tv kabel plus colector gaji bagus kita mau bos... info nya agan2

    BalasHapus
  14. Saya siap jd teknisi mas bos...

    BalasHapus
  15. Ada kah yg jual db meter disini

    BalasHapus
  16. Ada kah yg jual db meter disini

    BalasHapus
  17. Master2 sekalian minta tolong bantuannya...berapa db dari s8,s9,s10,e5,6,8,9,10,11,12,S11,12,13,14,15,17,18,20,21,22,24,25,26,27,28,29

    BalasHapus